Cara Bikin Foto Traveling Unik Ciri Khas Lo Sendiri - TheKepo

Breaking

TheKepo

TheKepo Magazine

Post Top Ad

Jumat, 20 Januari 2017

Cara Bikin Foto Traveling Unik Ciri Khas Lo Sendiri

Hallo ... Kali ini gue bakalan bahas gimana sih cara bikin foto traveling lo pada itu bagus. Fotografi emang udah gak bisa jauh sama kehidupan kita nih, apalagi sekarang tuh makin gampang kita membuat sebuah foto. Bahkan dengan kamera hp lo aja, lo bisa kok menghasilkan foto yang bagus. Emang sih, kalo Cuma sekedar foto doang gampang. Tapi membuat foto yang terlihat menarik, bercerita, dan unik dimata orang itu memang gampang-gampang susah.

Ok, sekarang gue bakalan ngasih lo sedikit tips-tips yang bisa lo pakai mengambil foto saat jalan-jalan. Dijamin foto lo bakalan terlihat lebih artistic..cailah! kalo gue bilang, foto waktu lo traveling adalah investasi memory untuk masa tua lo nanti disaat lo udah gak kuat lagi, bahkan untuk sekedar jalan.

“Foto traveling adalah investasi memory masa tua, ketika kita hanya mampu bercerita”

Tips pertama :
Photo : google.com



Cara bikin foto traveling unik yang pertama adalah berani berinteraksi dengan objek. Sadar atau enggak, ini yang jarang banget lo lakuin waktu lo ngambil foto traveling. Salah besar kalo foto candid atau diam-diam itu gak butuh interaksi terlebih dahulu. Saat lo berkunjung ke suatu tempat dan punya keinginan untuk mengabadikan objek hidup, khususnya manusia, interaksi dan komunikasi diperlukan untuk membangun chemistry. Coba deh lo bayangin ada seseorang yang tidak dikenal, tiba-tiba ngambil foto lo, gak nyaman kan pasti. Oleh karena itu, proses pengenalan dibutuhkan sehingga objek merasa nyaman saat dipotret.

Tips ke dua :
Photo : google.com

Emang sih waktu liburan itu rasanya pengen banget ngabisin waktu seharian di hotel. Tapi kalo dipikir-pikir lo baklan rugi. Kenapa? Karena pada saat traveling, Sunrise (matahari terbit) adalah salah satu objek foto utama. Selain pagi hari, sore merupakan saat dimana matahri berada di cakrawala, sehingga lo bakan dapet warna, cahaya yang hangat serta memperlihatkan dimensi suatu objek karena dapat cahaya dari samping. Singkatnya data pagi dan sore hari, keluarlah untuk mengambil foto dan menikmati udara segar.

“Cahaya mentari dan senja memberikan kehangatan lebih untuk mengabadikan gambar”

Photo : google.com
Beberapa fotografer profesional bahkan harus berangkat tengah malam untuk mendapatkan foto sunrise muncul dari balik gunung Bromo, Semeru, Tengger. Perjuangan yang melelahkan pastinya. Namun, hasil fotonya tidak akan mengecewakan. Pastinya lo bakalan suka dengan hasilnya selama cuaca cerah dan awan tidak sedang berkunjung.
  
Tips ke tiga :
Photo : google.com

Cara bikin foto traveling unik yang paling penting adalah, cobalah untuk melihat sudut pandang yang berbeda. Pada umumnya semua traveler mengambil angle yang sama untuk lokasi wisata yang sama. Nah, mulai sekarang sebelum berangkat ke sebuah tujuan cobalah mencari informasi terlebih dahulu bisa lewat google, facebook atau instagram, foto-foto dengan sudut pandang yang paling sering digunakan orang.

Photo : google.com


Umumnya semua traveler mengabadikan angle yang sama untuk tempat wisata yang sama. Nah, mulai saat ini sebelom lo mulai jalan coba deh buat cari info terlebih dulu. Bisa lewat google, facebook atau instagram. Riset sederhana ini bakalan kasih info lebih buat lo bahwa ada sudut pandang beda yang belum banyak orang abadikan.

Misalnya kalian bisa menggunakan low angle atau high angle sebagai variasi dalam membidik sebuah objek. Bahkan dengan menggunakan low angle kesan yang ditimbulkan nanti akan tampak lebih dramatis. Eksplorasi sepuas mungkin dan jangan pernah sayang untuk membuang-buang shutter DSLR ataupun mengkhawatirkan kapasitas memory card. Dengan banyak berlatih foto kalian akan lebih istimewa dari yang lainnya.

Tips ke empat :
Photo : google.com


Waktu lo melakukan sebuah perjalanan pastinya gak mau kan di ribetin sama alat-alat fotografi yang lo bawa? Tips selanjutnya ini bisa ngebantu lo banget. Biasanya bagi panyak pemula, tahapan yang ini sering banget luput dari perhatian. Kalo lo terlalu banyak bawa alat, itu bakalan bikin lo malah repot dan kehilangan banyak momen menarik untuk di abadikan. Kalo lo bukan fotografer professional, mungkin lensa lensa yang besar gak perlu untuk dibawa.

Membawa kamera saku, handphone atau action cam udah cukup untuk mengabadikan banyak momen menarik di sekitar lo, yang penting lo harus tau dulu medan apa yang akan dihadapi nantinya sebelum keluar.

Momen merupakan sesuatu yang tidak bisa diulang, abadikan itu sebaik mungkin

Tips ke lima :
Photo : google.com


Cara bikin foto traveling unik yang mungkin bisa lo coba selanjutnya itu cobalah untuk menangkap objek terutama tempat dengan bentuk landscape. Gak semua kamera itu dilengkapi dengan lensa landscape, triknya lo bisa pakai mode landscape atau kalo tidak ada juga lo bisa ambil gambar satu per satu yang saling berhubungan untuk nantinya lo gabungin pakai software edit foto contohnya Photoshop atau Lightroom.

Selain itu mengambil gambar dengan cara landscape dapat menceritakan keindahan tempat yang lo kunjungi secara menyeluruh. Menangkap objek objek unik dengan sudut pandang yang sangat beda bisa juga dilakukan dengan menggunakan model landscape ini.

Tips ke enam :
Photo : google.com


Seorang fotografer yang sibuk memotret alam dan bangunannya mungkin melewati bagian penting foto traveling, yaitu penduduk setempat. Coba deh lakukan pendekatan dengan penduduk local, berbincang-bincang terlebih dahulu sebelum lo foto mereka. Dengan cara ini lo bakalan dapetin gambar yang nantinya akan meceritakan sisi aktifitas masyarakat dimana tempat lo melakukan perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar